Translate

Cara Mencegah Kolesterol dan Makanan untuk Mencegah Kolesterol

Pada waktu yang lalu tim venussehat telah menjelaskan Apa itu Kolesterol dan Gejala Terkena Kolesterol Tinggi, kali ini tim venussehat akan menjelaskan pada sahabat venussehat bagaimana cara mencegah kolesterol tinggi dan makanan apa yang dapat dikonsumsi untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi atau hypercholesterolemia tersebut.

 

Cara Mencegah Kolesterol Tinggi

Adapun cara untuk mencegah kolesterol tinggi adalah dengan melakukan diet sehat yaitu pengaturan pola makan yang sehat dan juga dibarengi oleh olahraga. Untuk mencegah kolesterol tinggi maka aturlah pola makan anda, jangan terlalu berlebih memakan makanan yang mengandung kolesterol jahat. Disarankan anda untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan memperbanyak makanan berserat serta memiliki antioksidan tinggi seperti sayur dan buah.
Selain itu lakukanlah latihan atau berolahraga sangat dianjurkan, sehingga peredaran darah anda menjadi lebih lancar, dan badan lebih sehat. Karena olahraga yang rutin dapat menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh. Selain berolahraga, bila anda perokok atau peminum alkohol, sangat disarankan untuk berhenti merokok dan mengonsumsi minuman berakohol. Bagi anda yang tidak merokok, jauhilah asap rokok, karena menjadi perokok pasif dapat berpengaruh sangat buruk bagi kesehatan tubuh anda.

 

Makanan Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi

Ada beberapa makanan yang boleh anda konsumsi untuk mencegah kadar kolesterol tinggi dalam darah. Adapun makanan tersebut adalah sebagai berikut:


Buah apel

Apel merupaka salah satu jenis buahyang dipercaya dapat mencegah kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan karena adalah karena buah apel megandung serat larut dan tidak larut yang sangat tinggi. Kedua serat yang ada didalam buah apel ini kemudian akan melakukan kerja sama untuk membantu menurunkan kolesterol, mencegah terjadinya arteri yang mengalami pengeresan, dan juga untuk membantu melindungi tubuh dari serangan jantung serta penyakit stroke. Sehingga mengonsumsi buah apel akan membuat and menjadi lebih sehat dan lebih sehat lagi.

 

Cuka apel

makanan untuk mencegah kolesterol tinggi selain apel adalah cuka apel. Buah apel dapat  menstabilkan tekanan darah yang akan melancarkan peredaran darah. Walaupun buah apel tersebut sudah difermentasi menjadi cuka, hasiatnya tidak berubah. Telah dilakukan beberapa penelitian yag akhinya menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan profil lipid darah dengan mengurangi kadar trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL-C) atau kolesterol jahat. Selain itu, cuka apel juga dapat meningkatkan kadar high density lipoprotein HDL-C ) atau kolesterol baik.

 

Buah alpukat

Selain dengan buah apel, kolesterol tinggi juga dapat dicegah dengan buah alpukat. Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah dengan kadnungan asam oleat dan juga lemak tidak jenuh, serta mengandung kandungan serat pangan yang bisa membantu dalam meningkatkan kolesterol baik.

 

Telah dilakukan penelitian terhadap 45 orang dengan jumlah LDL tinggi. Ke-45 orang tersebut lalu mengonsumsi buah alpukat selama seminggu. Hasil penelitian tersebut adalah dari ke-45 orang tersebut yang benar-benar rutin memakan buah alpukat dalam waktu seminggu tersebut mengalami pengurangan jumlah kolesterol jahat dalam tubuhnya sebanyak 17% dengan tanpa mengurangi jumlah kolesterol baiknya.


loading...

 

Gandum

Gandum memiliki beta-glucan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah bahwa pengaruh buruk akibat dari kolesterol tinggi yang bisa diminimalisir oleh beta-glucan. Gandum memiliki serat yang mampu mengikat kolesterol, dan langsung dibuang ke dalam saluran pembuangan (usus besar) tanpa diserap oleh usus halus serta memiliki asam folat yang mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah.



0 Komentar untuk "Cara Mencegah Kolesterol dan Makanan untuk Mencegah Kolesterol"

Back To Top