Translate

Apa itu Kolesterol dan Gejala Terkena Kolesterol Tinggi

Sumber
Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh kebanyakan masyarakat Indonesia terutama yang sudah mulai tua. Kolesterol tinggi bila dibiarkan saja maka akan merembet ke penyakit lainnya. Oleh karena itu pada kali ini tim venussehat akan menjabarkan apa itu kolesterol dan bagaimana ciri-ciri penderita kolesterol tinggi.

Apa itu Kolesterol?
Menurut Wikipedia Indonesia, Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya.

Keadaan dimana kolesterol terlalu tinggi kadarnya di dalam darah disebut denga Hiperkolesterolemia. Keadaan ini yang menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Akan tetapi, tidak selamanya kolesterol berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Terdapat jenis kolesterol yang disebut dengan kolesterol HDL atau sering disebut dengan kolesterol baik yang dapat melarutkan zat kolesterol jahat di dalam tubuh.

HDL atau kolesterol baik adalah lipoprotein yang dalam jumlah kepadatan tinggi bisa mengankut kolesterol dari sel-sel dan kemudian kembali lagi ke hati. Di dalam organ hati ini nantinya kolesterol akan dihancurkan. Setelah dihancurka barulah kolesterol dikeluarkan dari dalam tubuh lewat feses.

LDL atau kolestrol jahat adalah lipoprotein dengan tingkat kepadata yang rendah. LDL akan mengangkut kolesterol dari hati ke sel-sel yang membutuhkannya. Oleh karena itu, apabila jumlah LDL dalam tubuh berlebih, maka akan terjadi pengendapan pada dinding bagian arteri dan yang akan menyebabkan masalah dan timbulnya penyakit.

Gejala Kolesterol
Ada beberapa gejala yang ditunjukan oleh penderita kolesterol tinggi yaitu:

  •  Nyeri pada bagian kaki



Pada penderita kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia umumya memiliki gejala nyeri yang terasa dibagian kaki. Rasa nyeri atau tidak nyaman pada bagian kaki ini dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi karena karena adaya arteri yang tersumbat oleh pengendapan kolesterol, sehingga aliran darah yang seharusnya masuk ke kaki mengalami hambatan. Hal ini menyebabkan beberapa penderita kolesterol tinggi merasakan lebih mudah lelah atau merasa pegal pada bagian kaki apabila berjalan. Dan bahkan pada beberapa kasus pegal akan menjadi sakit yang kemudian akan meyebar kesekitar kaki, betis, paha, bahkan hingga ke bagian bokong. Namun gejala ini tidak serta merta terus menerus dirasakan, pada kalanya gejala ini dirasaka oleh penderita kolesterol tinggi. Namun, suatu waktu gejala ini akan mereda dan hilang.

loading...


Kram yang terjadi di malam hari
Penderita kolesterol tinggi biasanya akan merasakan keram pada saat tidur. Kram yag dirasakan oleh penderit kolesterol saat tidur biasannya pada bagian tumir kaki, jemari kaki, atau pada daerah kaki bagian bawah. Cara untuk mencegah atau menghilangkan kram pada kaki ini yaitu dengan cara tidur dengan menggantung kaki. Atau juga dengan cara mengangkat kaki hingga posisi kaki lebih tinggi daripada badan selama beberapa menit hingga kram tidak dirasakan lagi. Selain itu juga anda dapat menyanggahkan kaki anda pada dinding, agar dapat mempertahankan posisi kaki lebih tinggi dari badan lebih lama tanpa harus bersusah payah.

Kuku berubah
Pederita kolesterol tinggi biasanya juga mengalami gejala kuku berubah. Perubahan terjadi pada ketebalan kuku, atau pula kecepatan pertumbuhan kuku yang berkurang. Perubahan kuku pada penderita kolesterol tinggi disebabkan oleh sirkulasi darah yang terhambat karena adanya pengendapan kolesterol sehingga kuku tidak mendapatkan asupan darah yang cukup.

Penderita Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi, kurang berolahraga, atau dapat juga dikarenakan keturunan. Bagi sahabat venussehat yang memiki kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi, berpenyakit diabetes, atau memiliki penyakit lainnya yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah dengan cara tes darah.
  • Bila kolesterol anda tinggi, akan terdjadi pengendapan kolesterol pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Hal ini bila dibiarkan akan menyebabkan berbagai penyakit lainnya seperti penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke ringan, stroke, dan serangan jantung
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Apa itu Kolesterol dan Gejala Terkena Kolesterol Tinggi"

Back To Top