Translate

Tips Cara Merawat Rambut Berminyak

Rambut kepala sering kali disebut sebagai mahkota para perempuan. Setiap perempuan pastinya ingin memiliki rambut indah yang mudah diatur. Namun seringkali kita temukan bahwa rambut kita memiliki masalah sehingga rambut menjadi tampak tak indah. Salah satu masalah yang sangat sering dijumpai oleh perempuan adalah rambut berminyak. Rambut yang berada di atas kulit kepada yang memproduksi lemak menyebabkan rambut menjadi lembut dan kemilau. Namun yang menjadi masalah adalah apabila produksi lemak terlampau banyak atau berlebihan. Produksi lemak yang berlebihan ini bisa disebabkan oleh bawaan tubuh, atau juga bisa disebabkan oleh faktor hormonal pada masa pubertas.

Berbeda jenis rambut, maka berbeda pulalah cara memeliharanya. Pemeliharaan rambut berjenis berminyak, kering, dan normal pastinya berbeda satu sama lainnya. Berbeda dengan rambut normal yang tidak memiliki perlakuan khusus, rambut berminyak memiliki perlakuan khusus dalam merawatnya agar rambut selalu tampil cantik. Untuk memelihara dan merawat rambut berminya ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kadar minyak pada rambut, intensitas keramas, shampo yang digunakan, makanan yang dikonsumsi dan cara penyisiran rambut.
1. Intesitas Keramas
Rambut yang memiliki kelebihan minyak akan tampak tak enak dilihat. Selain itu juga biasanya pada rambut berminyak kotoran akan lebih mudah menempel. Sehingga untuk mengatasi ini bagi yang memiliki rambut berminyak dapat melakukan keramas agar kotoran dan minyak dapat dihilangkan. Keramas dapat dilakukan dengan instensitas 2-3 kali dalam satu minggu.
2. Shampo
Kandungan minyak berlebih pada rambut sangatlah menganggu. Untuk mengatasinya disarankan dengan menggunakan shampo yang mengandung jeruk nipis dan telur. Jeruk nipis dan telur dipercaya mampu untuk mengurangi minyak yang ada pada rambut. Sehingga diharapkan dengan penggunaan shampo yang mengandung jeruk nipis dan telur akan mengurangi kadar minyak pada rambut.
3. Makanan yang Dikonsumsi
Makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi produksi lemak dan minyak pada tubuh. Sehingga hal ini juga berpengaruh pada kadar minyak yang ada di rambut. Hindari konsumsi makan yang berkadar lemak tinggi, seperti coklat, susu, dan hindari pula makanan pedas. Konsumsi makanan yang berlemak akan meningkatkan produksi lemak dan minyak pada kulit kepala.
4. Penyisiran
Kulit kepala akan merespon berbagai sentuhan yang terjadi kepadanya. Penyisiran juga akan merangsang respon dari kulit kepala. Penyisiran dengan cara keras akan merangsang kulit kepala untuk memroduksi lemak. Sehingga untuk anda yang memiliki jenis rambut berminyak disarankan untuk menyisir dengan cara perlahan.

Tips: untuk mengurangi produksi minyak pada kulit kepala anda, anda dapat membilas rambut anda dengan perasan jeruk nipis dengan kadar rendah. Selain itu anda dapat juga menggunakan campurana air cuka ( satu sendok cuka dicampur dengan satu liter air) untuk membilas rambut setelah keramas.

Ditulis oleh: Ade Aktanotaria
Foto diambil dan diedit oleh: Ade Aktanotaria
Referensi artikel :

Dr. Aiman al-Husnaini. 2005. Cantik Tanpa Make Up. Maktabah Ibnu Sina. Jakarta
Tag : Kecantikan
0 Komentar untuk "Tips Cara Merawat Rambut Berminyak"

Back To Top