Translate

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Faktanya kandungan air alam tubuh manusia adalah sekitar 2/3 atau 60-70 % dari berat tubuh manusia. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga kita harus selalu mengonsumsi air yang cukup setiap harinya, namun banyaknya air yang di perlukan oleh tubuh per hari berbeda untuk setiap orang. Oleh karena itu hendaknya setiap orang harus mengetahui kebutuhan air minumnya per hari. Untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan air bagi tubuh manusia bisa klik disini. Karena apabila kekurangan konsumsi air, seseorang bisa menjadi terkena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Namun kelebihan konsumsi air juga tidak baik. Apabila kondisi kekurang ataupun kelebihan air berlangsung terus menerus dalam jangka waktu panjang, maka akan menimbulkan penyakit.

Salah satu manfaat mengonsumsi air putih secara umum adalah dapat menangkal berbagai macam penyakit dan membantu penyembuhannya, hal ini dikarenakan usus besar yang lebih banyak memroduksi darah segar apabila. Hamidin dalam bukunya yang berjudul “Kebaikan Air Putih” menyebutkan bahwa minum air putih dengan metode yang bernar akan memurnikan tubuh manusia. Hal itu membuat usus besar bekerja lebih efektif dengan cara membentuk darah baru, dalam istilah medis dikenal sebagai aematopasies bahwa mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan oleh metode ini, merupakan fakta yang tidak terbantahkan, seperti teori yang menyatakan bahwa darah segar baru diproduksi oleh mucousal fold ini.

Air putih apabila dikonsumsi dengan benar (mencukupi dan teratur) juga mempunyai berbagai manfaat lainnya. Manfaat yang dapat dirasakan dengan mengonsumsi air putih ini yaitu dari berbagai aspek. Aspek kesehatan dan kecantikan adalah aspek yang sangat terpengaruhi oleh konsumsi air putih. Berikut adalah beberapa manfaat khusus yang dapat dirasakan dengan meminum air putih secara rutin dan teratur:

1. Dapat memperlancar sistem pencernaan dan menurunkan berat badan
Jika anda mengonsumsi air putih secara cukup dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda, maka anda akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan selain membantu penyerapan nutrisi juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran manusia. Selain itu konsumsi air putih juga dapat digunakan sebagai upaya menurunkan berat badan. Cara yang sudah umum diketahui masyarakat, yaitu dengan mengonsumsi air putih sebelum makan. Mengonsumsi air putih sebelum makan akan menyebabkan anda merasa kenyang, sehingga anda akan mengonsumsi lebih sedikit makanan.

2. Mencegah batu ginjal
Apabila anda pernah mendengar penyakit batu ginjal ataupun gagal ginjal, anda harus mengetahui bahwa penyebab utamanya adalah kekurangan konsumsi air putih. Perlu anda ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, dalam hal ini adalah air putih. Batu ginjal sebenarnya disebabkan karena garam dan garam itu menurut teori larut dalam air. Dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal akan larut dan ikut keluar dengan air seni.

3. Mempercantik kulit dan mencegah keriput dini
Kulit terlalu kering adalah salah satu faktor yang menyebabkan keriput dini. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, kelembaban kulit anda akan terjaga. Kelembaban tersebut dapat menjaga elastisitas kulit sehingga anda akan terhindar dari keriput dini. Selain itu konsumsi air putih dapat membantuk pengeluaran racun dari dalam tubuh melalui keringat secara lancar. Pengeluaran rancun dari dalam tubuh ini yang nantinya akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan kulit menjadi lebih cantik.

4. Meningkatkan fungsi otak
Apabila anda pernah melihat iklan di telivisi tentang seorang pria yang salah mengenali orang lain sebagai temannya, atau dengan kata lain pria tersebut tidak konsentrasi. Lalu temannya yang mengetahui hal itu memberikan sebotol minuman air mineral. Ternyata iklan tersebut benar adanya. Kekurangan konsumsi air putih dapat mengurangi konsentrasi. Konsumsi air putih yang cukup setiap harinya dapat meningkatkan fungsi otak. Air putih akan membantu meningkatkan konsentrasi dan kelancaraan sistem otak.

5. Air putih dapat menjaga suhu dalam tubuh dan sebagai penurun demam
Apabila anda meraasa suhu tubuh anda tinggi, atau anda mengalami demam, maka perbanyaklah minum air putih. Air putih dipercaya sangat berperan penting untuk menjaga suhu tubuh seseorang. Ketika suhu tubuh anda tinggi (demam) maka konsumsilah lebih banyak air putih, sehingga anda akan lebih sering buang air kecil. Cara ini dipercaya akan menurunkan suhu tubuh anda hingga normal kembali. Kekurangan mengkonsumsi air putih bisa mengakibatkan tubuh kita kehilangan kendali dalam fungsi tubuh.


Ditulis oleh: Ade Aktanotaria
Foto Oleh: Ade Aktanotaria
Referensi:
1. Hamidin. 2010. Kebaikan Air Putih. Media Pressindo. Yogyakarta.

0 Komentar untuk "Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh"

Back To Top