Translate

Cara Alami Menghilangkan Komedo Hitam dan Komedo Putih

Tidak ada orang yang menginkan kuit yang terlihat buruk. Namun banyak sekali orang yang mempunya masalah pada kulitnya. Komedo merupakan salah satu jenis masalah yang biasa dialami oleh setiap orang dari remaja, dewasa, hingga lanjut usia. Biasanya komedo akan sangat sering ditemukan di kulit wajah terutama bagian hidung. Namun tidak hanya di kulit wajah, komedo juga dapat muncul di bagian-bagian kulit lainnya seperi di dada, leher, maupun telinga. Komedo ini disebabkan oleh penumpukan minyak. Terdapat dua jenis komedo yaitu komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads) yang mempunyai perbedaan dalam penanganannya. Komedo-komedo ini apabila tidak diatasi dengan baik maka akan semakin banyak dan menumpuk pada kulit anda.

1.      Komedo Hitam (Blackheads)
Komedo hitam (komedo terbuka) adalah bintik hitam yang muncul pada pori-pori wajah yang tidak terlapisi oleh epitel kulit, sehingga komedo ini dapat dengan mudah dikeluarkan dari pori-pori kulit. Komedo ini dapat diatasi dengan cara alami, produk kecantikan, ataupun perawatan di klinik kecantikan.

Adapun cara alami untuk mengatasi komedo hitam adalah sebagai berikut:

a. Putih telur
Putih telur memang dipercaya memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk menjaga kecantikan wajah. Kandungan protein yang tinggi, mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, tembaga, seng, zat besi, dan kandungan lainnya yang ada pada putih telur dipercaya sangat berguna dalam bidang kecantikan. Sehingga putih telur sering kali digunakan sebagai masker wajah maupun masker rambut. Penggunaan putih telur sebagai masker wajah selain bisa menghilangkan jerawat beserta bekasnya, mengecilkan pori-pori, dan membuat kulit lebih kencang ternyata putih telur juga dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan komedo.

Cara penggunaan:
ü  Bersihkan wajah menggunakan air dan sabun
ü  Ambil satu butir telur dan pisahkan dari kuning telurnya
ü  Usapkan putih telur pada wajah
ü  Tunggu hingga kering selama 10-15 menit
ü  Bilas wajah dengan air bersih (air dingin jika memungkinkan)
ü  Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

b. Gel lidah buaya
Lidah buaya adalah salah satu tumbuhan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sudah sejak lama lidah buaya menjadi bahan penelitian oleh berbagai ahli kecantikan karena dipercaya memiliki khasiat yang begitu banyak untuk kecantikan. Dari berbagai penelitia yang telah dilakukan, diketahui fakta bahwa lidah buaya tidak hanya memiliki manfaaat sebagai obat berbagai penyakit, dan baik untuk rambut, ternyata kandungan dalam gel lidah buaya cukup efektif untuk membersihkan kulit wajah agar terbebas dari komedo. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin melakukan perawatan kulit, rambut, dan kesehatan lainnya sangat disarankan untuk menanam lidah buaya di perkarangan rumah anda.

Cara penggunaan:
ü  Bersihkan wajah menggunakan air dan sabun
ü  Anbil lidah buaya yang segar (belum layu)
ü  Pisahkan gel liah buaya
ü  Usapkan gel tersebut ke wajah
ü  Diamkan selama 10-15 menit
ü  Bilas wajah dengan air bersih
ü  Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

c. Lemon
Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki sangat bayak manfaat dan begitu baik bagi kesehatan. Kandungan lemon yang kaya akan Vitamin C mampu mengelupas/membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati juga sekaligus memutihkan kulit wajah anda. Selain dapat digunakan untuk membantu anda mengelupas kulit mati pada wajah anda, lemon juga dapat digunakan untuk membantu anda dalam mengatasi kulit berminyak, mengecilkan pori-pori, dan membersihkan komedo.

Cara penggunaan:
ü  Bersihkan wajah menggunakan air dan sabun
ü  Iris lemon menjadi 3 atau 4 potong
ü  Pijat wajah dengan irisan lemon
ü  A lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

2.      Komedo Putih (Whiteheads)
Komedo putih (komedo tertutup) adalah bintik putih yang menonjol dari dalam kulit wajah (komedo jenis ini berada di bawah epitel kulit). Jika Anda punya komedo putih ini pada kulit anda, hendaknya konsultasikan langsung ke dokter kulit/klinik kecantikan sebab cara-cara biasa tidak akan mampu mengeluarkan komedo putih secara menyeluruh. Penggunaan pore pack juga tidak dapat mengatasi masalah komedo putih ini. Untuk mengeluarkan komedo putih, diperlukan teknik khusus yaitu dengan ‘dilukai‘ sedikit dibagian ‘mata‘ komedonya baru komedonya ditekan dan dikeluarkan. Untuk ‘melukai’ komedo diperlukan jarum yang tipis yang steril (seperti jarum suntik) jika tidak, bisa terjadi infeksi.



Ditulis oleh: Ade Aktanotaria

Foto oleh : Ade Aktanotaria
Tag : Kecantikan
0 Komentar untuk "Cara Alami Menghilangkan Komedo Hitam dan Komedo Putih"

Back To Top