Translate

Cara Menghitung Kebutuhan Air Bagi Tubuh Manusia

Air merupakan zat yang paling banyak mengisi tubuh manusia, yaitu sekitar 2/3 bagian atau 60-70% dari massa tubuh manusia. Selain menjadi zat yang paling banyak mengisi ruang dalam tubuh, air juga merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa air, sel, jaringan, dan organ yang ada di dalam tubuh tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Sehingga sistem organ pun akan terganggu. Gangguan ini yang nantinya akan menimbulkan penyakit. Tentunya tidak ada seorang pun yang berakal sehat di dunia ini yang ingin mengidap suatu penyakit tertentu.

Agar tidak terjadi gangguan-gangguan yang nantinya akan menimbulkan penyakit, manusia harus memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya dengan cara mengonsumsi atau meminum air. Mengonsumsi air minum dengan benar (teratur dan mencukupi kebutuhan) dapat memberikan manfaat yanng sangat baik bagi tubuh dan tidak merugikan. Air tidak hanya didapat dari air minum, namun juga dari makanan, namun ada baiknya apabila mengonsumsi air putih. Pada umumya 2 liter per hari adalah jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi manusia dan dianggap sudah mencukupi kebutuhan. Namun, sebenarnya angka 2 bukanlah angka yang tepat untuk menunjukkan kebutuhan air bagi tubuh manusia. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan tubuh manusia berbeda satu sama lainnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan perbedaan kebutuhan air/cairan bagi tubuh manusia yaitu aktivitas fisik, cuaca dan lingkungan sekitar, berat badan, kondisi kesehatan, jenis kelamin, dan kondisi lainnya seperti hamil atau menyusui. Banyaknya faktor yang mempengaruhi kebutuhan air bagi tubuh ini menyebabkan angka pasti kebutuhan air bagi manusia sulit untuk dihitung. Namun ada cara yang dipercaya dapat menentukan kondisi tubuh apakah tubuh kekurangan pasokan air ataukah tidak. Cara tersebut adalah dengan melihat kondisi air seni. Apabila air seni berwarna kuning cerah/bening dan jumlahnya banyak, itu berarti kebutuhan tercukupi. Namun, apabila air seni berwarna lebih gelap dan jumlahnya sedikit, itu berarti tubuh kekurangan cairan.

Cara menentukan kondisi kekurangan atau tercukupi pasokan air dalam tubuh dengan melihat air seni memanglah mudah. Namun hal ini tidak dapat menentukan angka kebutuhan air bagi tubuh manusia. Akibatnya dengan metode ini tidak dapat dibentuk strategi konsumsi/minum air yang baik. Konsumsi air dapat menjadi tak teratur, konsumsi air dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat sangat mungkin terjadi. Padahal untuk memaksimalkan fungsi dan manfaat mengonsumsi/meminum air, hal ini harus dilakukan dengan teratur dan mencukupi. Sehingga agar kita dapat mengetahui jumlah kebutuhan air dan dapat membuat strategi meminum air, kita dapat menentukan jumlah kebutuhan air tubuh kita dengan cara menghitungnya dengan menggunakan berat badan atau massa tubuh kita.
Telah diketahui dari berbagai penelitian bahwa manusia membutuhkan air 0,5 ons untuk setiap pound berat badan. Apabila dikonversikan kedalam kg, yaitu 1 kg = 2,20462262 pound,  1 pound = 16 ons. Sehingga apabila berat badan anda 100kg (220,46 pounds), anda meembutuhkan 110,23 ons air dalam tubuh, atau sekitar 6,98 pound yang berarti setara dengan 3,125 liter air minum (dalam hal ini dibulatkan menjadi 16 gelas air ukuran 200ml/gelas).

Mungkin anda sedikit bingung dengan perhitungan diatas. Perhitungan diatas digunakan sebagai patokan, sedangkan untuk menghitung kebutuhan air minum/hari bagi tubuh dengan berat badan yang berbeda akan lebih mudah karena adanya patokan diatas. Jika berat badan anda 50 kg, maka anda memerluka 8 gelas air putih dengan ukuran 200ml/gelas per harinya. Bagaimana cara mengitungnya? Sangat mudah! Anda hanya perlu mengalikan 16 gelas x 50% (karena berat anda 50kg). Untuk contoh lainnya sebagai berikut:
ü  berat badan 50kg, 16 gelas x 50% = 8 gelas (ukuran 200ml) atau setara dengan 1,8 liter perharinya
ü  berat badan 60 kg, 16 gelas x 60% = 9,6 gelas (ukuran 200ml) atau setara dengan 1,92 liter perharinya
ü  berat badan 70 kg, 16 gelas x 70% = 11,2 gelas (ukuran 200ml) atau setara dengan 2,24 liter/hari.


Ditulis oleh : Ade Aktanotaria
Foto oleh : Ade Aktanotaria
Referensi:

0 Komentar untuk "Cara Menghitung Kebutuhan Air Bagi Tubuh Manusia"

Back To Top