Translate

Manfaat dan Kegunaan Jamur Tiram

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang mudah ditemukan di Indonesia. Hal ini menyebabkan harga jamur tiram sangatlah terjangkau. Selain itu, jamur tiram mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Jamur mempunyai antioksidan yang aktif untuk melawan radikal bebas, antivirus, dan antibacterial. Jamur tiram putih juga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan. Di dalamnya terkandung 9 asam amino esensial dengan kadar protein 19-35% (lebih rendah dari kedelai dan susu). Jadi jamur ini dapat dijadikan sumber protein nabati di samping kacang-kacangan

Jamur tiram putih merupakan sumber mineral yang baik, Kandungan mineral utama yang tertinggi adalah kalium (K), kemudian fosfor (P), natrium (Na), kalsium (Ca) dan magnesium (Mg). Namun, jamur juga merupakan sumber mineral minor yang baik karena mengandung seng, besi, mangan, molibdenum, kadmium, dan tembaga. Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Mg mencapai 56-70 persen dari total abu, dengan kandungan kalium sangat tinggi mencapai 45 persen. Menurut Chang dan Miles kandungan logam berat itu masih jauh di bawah batas yang ditetapkan dalam undang-undang Fruit Product Order and Prevention of Food Adulteration Act tahun 1954. Oleh karena itu jamur tiram sebagai sayuran adalah aman dikonsumsi setiap hari.

Jamur tiram putih juga sumber yang baik untuk asam-asam amino yang diperlukan dalam membentuk protein dalam tubuh, sumber yang baik untuk vitamin terutama vitamin B1, B2 dan provitamin D2, dan sumber mineral terutama kalium dan fosfor. Hasil studi di Massachusett University menyimpulkan bahwa riboflavin, asam Nicotinat, Pantothenat, dan biotin (Vitamin B) masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak. Hasil penelitian dari Beta Glucan Health Center menyebutkan bahwa jamur tiram (Pleurotus ostreatus) mengandung senyawa Pleuran (di Jepang, jamur tiram disebut Hiratake sebagai jamur obat), mengandung protein (19-30 persen), karbohidrat (50-60 persen), asam amino, vit B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (Niacin), B5 (asam panthotenat), B7 (biotin), Vit C dan mineral Calsium, Besi, Mg, Fosfor, K, P, S, Zn. Dapat juga sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, dan antioksidan.

Para peneliti dari Ujagar Group (India) menyampaikan, bahwa jamur tiram memiliki nilai nutrisi yang sangat bagus dengan alasan: 100 persen sayuran dan bersih. Jamur tiram memiliki kandungan protein tinggi, kaya vitamin-mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori,  dan memiliki zat antiviral dan antikanker. Selain itu mereka juga menyampaikan bahwa jamur tiram memiliki manfaat yang baik bagus untuk liver, pasien diabetes, dan menurunkan berat badan. Jamur tiram yang memiliki kandungan serat tinggi dapat membantu pencernaan. Jamur tiram yang  mudah dimasak dan mudah dicerna serta merupakan jamur yang paling enak rasanya dibanding jamur pangan lainnya sehingga jamur ini sangat baik apabila dikonsumsi.

Departemen Sain, Kementerian Industri Thailand telah melakukan penelitian terhadap jamur tiram. Penelitian tersebut menghasilkan bahwa jamur tiram mempunyai kandungan: protein 5,94 persen, karbohidrat 50,59 persen, serat 1,56 persen, lemak 0,17 persen, abu 1,14 persen. Per 100 gram jamur tiram segar, mengandung 45,65 kalori, 8,9 miligram (mg) kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C. Jamur juga mengandung folic acid yang cukup tinggi, konon mampu menyembuhkan anemia.



Dari kandungan gizi yang ada pada jamur tiram, ternyata jamur tiram ini mempunyai sangat banyak manfaat untuk tubuh. Apabila disimpulkan dari berbagai penelitian yang ada, maka dapat diketahui bahwa jamur tiram ini mempunya manfaat sebagai berikut:
 ü  Dapat membantu menurunkan kolesterol.
ü  Mengurangi Resiko jantung lemah
ü  Dapat membantu mengatasi penyakit lever
ü  Dapat membantu menyembuhkan diabetes
ü  Dapat membantu  menghilangkan anemia karena memiliki kandungan folid acid.
ü  Dapat membantu mencegah timbulnya kista
ü  Dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mempunyai kandungan glucan
ü  Membantu memperlancar sistem pencernaan.
ü  Memiliki antiviral, antibakterial dan antitumor, sehingga bermanfaat untuk mencegah timbulnya tumor.
ü  Penghasil enzim hidrolisis dan enzim oksidasi

Ditulis oleh: Ade Aktanotaria
Foto oleh: Ade Aktanotaria
referensi artikel:

Tag : Manfaat
0 Komentar untuk "Manfaat dan Kegunaan Jamur Tiram"

Back To Top