Translate

Manfaat dan Kegunaan Buah dan Sayur untuk Tubuh

Untuk memiliki hidup yang sehat, salah satunya dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan makanan apa saja yang akan dikonsumsi. Buah dan sayur merupakan salah satu pilihan makanan yang  baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja dari berbagai kalangan dan usia. Hal ini dikarenakan buah dan sayur memiliki manfaat yang sangat baik dan beragam untuk tubuh. Selain itu juga buah dan sayur memiliki serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun beberapa orang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis buah/sayur. Misalnya penderita diabetes militus tidak dianjurkan untuk memakan buah dengan kadar gula yang tinggi.

Buah dan sayur adalah tanaman holtikultura dan banyak dijumpai terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Selain itu saat ini juga sudah mudah dijumpai buah-buahan dan sayuran impor, seperti sayuran dan buah subtropik. Hal ini membuat kita sebagai warga negara Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan beragam jenis buah dan sayuran tropis yang tersedia semakin memiliki kesempatan untuk mencicipi rasa dan khasiat buah dari berbagai negara lainnya. Sehingga kita tidak akan mudah bosan untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin karena begitu banyaknya pilihan buah dan sayuran yang ada di sekitar kita.

Namun patut disayangkan bahwa banyaknya pilihan jenis buah dan sayuran yang ada di sekitar kita tidak berbanding lurus dengan tingkat konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia pada umumnya masih kurang dalam hal konsumsi buah dan sayur, terutama buah, dibandingkan negara-negara lainnya. Mungkin karena harga buah di Indonesia masih relatif mahal dan pendapat masyarakat yang memiliki perekonomian yang rendah bahwa buah adalah makanan orang kaya. Padahal hal ini dapat diatasi dengan menanam tanaman buah dan sayur dipekarangan rumah, selain membantu mencegah global warming, penyegaran udara, juga dapat dikonsumsi untuk diri sendiri. Selain itu sangat banyak masyarakat Indonesia yang tidak menyukai sayuran dan tidak biasa memakan sayuran sejak kecil.

Buah dan sayur memiliki komponen gizi yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk untuk diet. Sayur dan buah bagi kesehatan berfungsi sebagai zat pengatur karena banyak mengandung vitamin. Buah dan sayur memiliki banyak khasiat, diantaranya adalah:
1.      Nutrisi buah dan sayur tak hanya penting bagi pertumbuhan, namun juga sebagai antibodi. Buah dan sayur juga dapat mencegah penyakit seperti kanker, jantung, alzheimer, dan lain sebagainya.
2.      Kandungan serat yang dimiliki buah dan sayur sangat tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan.
3.      Memperbanyak konsumsi buah dan sayur membuat anak mengurangi konsumsi cemilan kemasan yang tidak sehat.
4.      Mengonsumsi buah dan sayur juga dapat mencegah obesitas, karena buah dan sayur mengandung lemak dan kalori yang rendah.

Sayur dan buah dapat dikonsumsi dengan berbagai cara pengolahan, mulai dari memakannya dalam keadaan mentah, setengah matang ataupun matang. Tetapi cara yang dianjurkan adalah mengonsumsi buah dan sayur dalam keadaan mentah, karena masih terjaga kandungan nutrisi di dalamnya. Berbagai pengolahan dapat mengurangi nilai gizi buah dan sayuran. Misalnya dengan memasak, apabila suhu dalam memasaknya terlalu panasa maka nutrisi pada buah/sayur tersebut akan berkurang. Memotong buah/sayur terlalu kecil akan menyebabkan terlalu banyak bagian buah/sayur yang terpapang sinar matahari dan oksigen yang bisa merusak zat gizi. Memotong buah/sayur dengan pisau tumpul yang akan menyebabkan buah/sayur mengalami kerusakan sel sehingga kehilangan vitamin C. Ataupun perendaman buah/sayuran dalam air yang dapat menyebabkan vitamin larut dalam air.

Ditulis oleh : Ade Aktanotaria

Foto oleh : Ade Aktanotaria
1 Komentar untuk "Manfaat dan Kegunaan Buah dan Sayur untuk Tubuh"

Back To Top