Translate

Manfaat Bandrek Susu dan Cara Membuatnya

Musim hujan telah tiba. Cuaca dingin mulai menggeluti badan anda. Bagaimana solusi agar anda selalu merasa hangat? Bandrek susu adalah salah satu solusinya. Bandrek Susu adalah minuman tradisional daerah Sunda yang dapat mengahatkan badan anda.

Bandrek awalnya dikenal di daerah Jawa Barat yang terkenal dingin untuk menghangatkan tubuh orang yang mengonsumsinya. Tidak hanya dikenal sebagai penghangat tubuh, bandrek juga memiliki banyak manfaat lainnya. Manfaat lainnya yaitu dapat mengobati sakit tenggorokan dan berbagai penyakit ringan lainnya. Bandrek juga dipercaya dapat mencegah masuk angin, melancarkan peredaran darah, mengobati mual,  dan menjaga stamina tubuh. Bagi anda yang lelah setelah beraktifitas seharian meminum segelas bandrek bisa anda coba untuk mengembalikan kesegaran tubuh agar fit kembali. Manfaat ini tidak terlepas dari khasiat dari bahan-bahan pembuat bandrek itu sendiri yang terdiri dari jahe, gula aren, cengkih dan yang lainnya.
Sebagai bahan utama bandrek, jahe memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Adapun manfaat jahe yang dapat anda rasakan pastinya adalah memberikan kehangatan, selain itu jahe juga dipercaya dapat melancarkan pencernaan. Jahe dipercya membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan saki perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan. Jahe juga dipercaya dapat mengatasi memar dan raasa nyeri. Ketika tubuh mengalami sebuah benturan benda tumpul, terkadang menyebabkan memar. Senyawa di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, jahe juga dipercaya dapat mencegah timbulnya kanker kulit, pankreas, ginjal, dan paru-paru serta dapat mengatasi masalah pernafasan. Masalah pernafasan yang dimaksud disini adalah masalah pernafasan seperti batuk dan pilek. Jahe merupakan ekspektoran alami yang memiliki fungsi melegakan pernafasan dengan mencegah dan menghilangkan lendir (dahak).

Pada saat ini telah banyak bandrek yang dijual dan beredar di masyarakat. Ada pedagang yang menjual bandrek murni yang dibuat langsung di tempat adapula yang menjual bandrek sachet. Berbagai variasi rasa juga telah ada untuk produk bandrek ini. Varian rasa bandrek tersebut contohnya adalah coklat bandrek, kopi bandrek, dan lain-lain. Selain dapat dibeli dari pedagang, anda juga dapat membuat sendiri bandrek ada. Berikut adalah bahan dan cara pembuatan bandrek.
Bahan :
  • 1 liter air bersih
  • 350 gr gula merah
  • 3 batang serai ( memarkan )
  • 80 gr jahe bakar ( memarkan )
  • 1/2 sendok makan garam halus
  • 1 lembar daun pandan ( dicuci bersih )
  • susu kental manis putih secukupnya
loading...
  1. Rebus gula merah dengan air, diamkan sampai mendidih
  2. Masukkan jahe bakar yang sudah dimemarkan, daun pandan dan batang serai kedalam rebusan gula, aduk-aduk sampai mengeluarkan aroma yang harum
  3. Tambahkan garam kedalam rebusan bahan, aduk sampai tercampur rata
  4. Matikan api lalu saring wedang bandrek yang sudah matang kedalam teko
  5. Ambil satu gelas saji lalu tuang wedang bandrek kedalamnya
  6. Kucuri dengan susu kental manis secukupnya, aduk hingga rata
  7. Wedang bandrek susu siap dihidangkan


Baca manfaat dari makanan dan minuman lainnya disini
0 Komentar untuk "Manfaat Bandrek Susu dan Cara Membuatnya"

Back To Top