Translate

Tips dan Trik Menjadi Sehat dalam 1 Menit

Hidup yang rumit acap kali membuat anda terlalu berfikir keras. Tekanan dari luar dan dari dalam diri membuat anda stress. Padahal sesungguhnya sangat banyak kegiatan yang dapat anda lakukan dengan mudah untuk mengurangi tingkat stress yang anda alami. Kali ini Venussehat akan memberitahukan tips dan trik untuk meningkatkan kesehatan anda dalam waktu 1 menit bahkan kurang.

1.       Memeluk Pasangan
Perasaan nyaman yang diberikan oleh pasangan anda akan mengurangi stress yang anda alami. Terdapat berbagai penelitian yang menunjukkan bukti bahwa berpelukan dapat mengurangi tingkat stress. Salah satu penelitian terbaru di Psychosomatic Medicine menyatakan bahwa untuk setiap waktu bermesraan bersama pasangan, akan ada kortisol (hormon) yang dilepaskan tubuh saat stress yaitu berkurang sekitar 7%. 
2.       Mendengar Musik
Memasang headphone dan mendengarkan musik kesukaan anda dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat stress. Apapun jenis musik kesukaan Anda, sebuah penelitian tahun 2011 di Kanada yang diterbitkan pada Nature Neuroscience, telah menunjukkan bahwa memainkan musik kesukaan bisa membantu mencairkan suasana hati yang buruk. Para peneliti di McGill University di Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menyenangkan memicu pelepasan hormon bahagia yaitu dopamin.
3.       Tertawa
Tertawa dipercaya dapat mengurngi rasa sakit, menambah energi. Meredakan ketegangan , dan meningkatkn kekebalan tubuh. Tertawa juga dipercaya sebagai obat terampuh untuk mengurangi stress. Tertawa disini artinya cari hal-hal yang lucu dan dapat membuat anda tertawa. Seperti mencari gambar-gambra lucu di internet, ataupun menonton film komedi yang dapat membuat anda tertawa.
4.       Mengambil Nafas Dalam
Mengambil nafas dalam-dalam dipercaya memberi manfaat perbaikan proses pencernaan, kebugara, dan kesehatan mental untuk meningkatkan energi.. mengambil nafas dalam juga dapat memberikan efek rileksasi bagi tubuh anda. Latihan pernafasan yang rutin juga dapat membantu anda untuk meningkatkan kesehatan tubuh maupun kesehatan emosional anda.
5.       Makan Sebuah Apel
Buah kaya gizi ini adalah aset utama untuk diet apapun. Apel kaya antioksidan, serat, dan flavonoid. Tidak hanya itu, banyak lagi manfaat yang diberikan oleh buah apel. Apel membantu mendukung kesehatan jantung, dan menjaga kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh anda tetap terkontrol, dan lain-lain
loading...
6.       Merawat Gigi
Hal unik yang ditemukan oleh beberapa peneliti bahwa merawat gigi dan gusi secara rutin akan membuat pikiran anda juga menjadi lebih sehat. Menurut hasil beberapa peneliti bahwa perawatan kesehatan oral berkaitn dengan risiko demensia. Menurut hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa orang yang tidak rajin menggosok gigi memiliki risiko lebih besar terkena demensia. Sehingga disarankan bagi anda untuk menggosok gigi setiap hari.
7.       Minum Teh Hijau
Teh hijau merupakan jenis teh yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Teh hijau ini biasanya langsung dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Beberapa studi menemukan teh hijau dapat melindungi Anda dari penyakit alzheimer dan memiliki dampak positif terhadap pikiran.
8.      Tersenyum
Ketika anda mulai stress dan fikiran anda mulai penuh dengan berbagai hal yang membuat anda merasa tegang, maka luangkan waktu sejenak dan tersenyumlah. Telah ada berbagai penelitian yang membuktikan bahwa tersenyum dapat mengusir stress. Mark Stibich PhD, konsultan di Columbia University menyatakan bahwa ika Anda dapat memperlambat laju pernapasan dan mengubah ekspresi, Anda dapat mengusir stress.

Baca artikel  lain tentang manfaat makanan dan minuman disini.


0 Komentar untuk "Tips dan Trik Menjadi Sehat dalam 1 Menit"

Back To Top