Translate

Herpes Zoster Bukan Luka Akibat Racun Tomcat

Luka Akibat Herpes Zoster atau Luka Karena Racun Serangga Tomcat?


Marak kembalinya Serangga Tomcat saat ini menimbulkan beberapa orang salah menilai bintil merah pada kulit akibat Herpes Zoster atau Cacar Api sebagai luka akibat Serangga Tomcat atau sebaliknya. Luka akibat Herpes Zoster atau cacar air ini memang terlihat mirip luka akibat racun Tomcat, namun apabila diobservasi lebih lanjut, maka akan diketahui bahwa kedua hal tersebut berbeda. Selain gejala yang berbeda, tentu cara mengobatinya juga berbeda, sehingga kita harus cermat dalam membedakan serangan Serangga Tomcat dan Herpes Zoster.

Herpes zoster jauh lebih berbahaya daripada penyakit yang disebabkan oleh racun serangga tomcat. Namun, tetap bisa disembuhkan selama penyakitnya diobati dan tidak melanggar anjuran dokter. Herpes Zoster juga dikenal dengan istilah cacar api atau cacar ular ini disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab cacar air, yaitu varisela zoster. Virus varisela yang menetap di dalam tubuh bahkan setelah cacar air sembuh, dapat kembali aktif di kemudian hari dan menyebabkan herpes zoster. Penyakit ini umumnya tidak mengancam jiwa, tapi dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Karena itu, segera hubungi dokter jika Anda merasakan gejala-gejalanya agar dapat ditangani sedini mungkin.

Gejala Herpes Zoster
Gejala penyakit Herpes memang dapat dikatakan mirip pada orang yang terkena racun serangga tomcat. Terdapat benjolan-benjolan merah pada bagian perut, punggung, atau dapat terjadi juga dibagian lain. Benjolan merah pada bagian punggung jika sudah melepuh akan lebih menyerupai bekas luka bakar. Pada awal terinfeksi virus tersebut, pasien akan menderita rasa sakit seperti terbakar dan kulit menjadi sensitif selama beberapa hari hingga satu minggu. Penyebab terjadinya rasa sakit yang akut tersebut sulit dideteksi apabila ruam (bintil merah pada kulit) belum muncul.

Ruam shingles mulai muncul dari lepuhan (blister) kecil di atas dasar kulit merah dengan lepuhan lainnya, gejala ini akan terus muncul dalam 3-5 hari. Lepuhan atau bintil merah akan timbul menyerupai pita pada area kulit. Penyebaran bintil-bintil tersebut menyerupai sinar (ray-like) yang disebut pola dermatomal. Bintil atau lepuh akan pecah dan berair, kemudian daerah sekitarnya akan mengeras dan mulai sembuh. Gejala tersebut akan terjadi dalam selama 3-4 minggu.
Walaupun demikian, gejala-gejala penyakit ini dapat pula bervariasi. Sebagian kecil pengidap mengalami rasa nyeri tapi tanpa ruam. Berikut adalah gejala-gejala lain yang mungkin dapat menyertai kedua gejala utama di atas:

1.      Demam dan menggigil.
2.      Nyeri di seluruh tubuh.
3.      Sakit kepala.

Penyebab Cacar Air atau Herpes Zoster
Virus Penyebab Herpes Zoster
Herpes zoster disebabkan oleh virus varisela zoster, virus yang sama dengan virus yang menyebabkan cacar air, yaitu. Apabila penderita pernah menderita cacar air, virus varisela zoster ini akan menetap dalam jaringan saraf tubuh, dan kembali aktif suatu saat. Alasan di balik virus yang aktif kembali belum diketahui secara pasti. Tetapi ada beberapa faktor pemicu yang diduga memengaruhinya, yaitu:

1.      Usia
Manula (terutama yang berusia 50 tahun ke atas) adalah kelompok umur yang paling umum terserang penyakit ini.
2.      Pernah mengidap cacar air
Virus Vrisela zoster dapat menyerang kembali penderitanya saat sistem kekebalan tubuh menurun, misalnya karena mengidap diabetes, menggunakan obat steroid jangka panjang, atau menjalani kemoterapi.
3.      Mengalami stres
Keadaan psikologi yang mendapat tekanan juga dapat menjadi pemicu kembali aktifnya virus Varisela zoster.

loading...

Penderita herpes zoster tidak bisa menularkan penyakit cacar api ini pada orang lain, tapi bagi yang belum terkena cacar air, virus Varisela Zoster dapat menularkan cacar air. Jika Anda belum pernah terkena cacar air dan mengalami kontak langsung dengan ruam akibat herpes zoster, Anda dapat terinfeksi virus varisela zoster dan terkena cacar air.

Herpes Zoster atau cacar api ini bukanlah suatu penyakit yang dapat membahayakan jiwa anda. Namun tim VenusSehat sarankan apabila anda mendertia cacar api sebaiknya anda segera ke dokter. Karena apabila dibiarkan dan tidak dilakukan tindakan pengobatan terhadap penyakit ini, dapat menyebabkan penyakit komplikasi.


Untuk mengetahui gejala-gejala terkena racun Serangga Tomcat, anda dapat membaca artikel Apa Itu Tomcat Dan Cara Mencegahnya 
0 Komentar untuk "Herpes Zoster Bukan Luka Akibat Racun Tomcat"

Back To Top