Translate

Pevita Pearce Operasi Angkat Tumor Payudara, Begini Cara Memeriksa Tumor Payudara

sumber: instagram.com/pevpearce
Pevita Pearce, artis cantik yang lahir di Jakarta, 6 Oktober 1992 mengaku baru saja selesai menjalani operasi tumor payudara di Malaysia. Artis yang membintangi iklan dari beberapa produk ternama ini belum menjelaskan lebih lanjut, jenis tumor apa yang tumbuh di payudaranya.

Tumor adalah sebutan untuk neoplasma atau lesi padat yang terbentuk akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak semestinya, yang mirip dengan simtoma bengkak. Kata tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti "bengkak". Berdasarkan sifatnya, tumor dibagi menjadi jinak dan ganas. Tumor ganas lebih dikenal dengan kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak jaringan yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang jaringan berdekatan dan tidak menyebarkan benih (metastasis), tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi.

Tumor jinak pada payudara umumnya membentuk benjolan pada payudara, karena ada sel-sel payudara yang berkembang secara tidak normal dan cepat. Tumor jinak sebenarnya tidak membahayakan tubuh, namun apabila terus dibiarkan membesar, ia akan menekan jaringa-jaringan yang ada di sekitarnya, hal ini akan menyebabkan timbulnya nyeri akibat penekanan tersebut. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan payudara adalah tumor atau kanker.

Tumor di payudara harus sesegera mungkin diobati. Berikut adalah ciri-ciri tumor payudara yaitu munculnya benjolan dengan ukuran yang bervariasi yang muncul di sekitar payudara. Terkadang terasa cukup mengganggu, namun terkadang juga tidak terasa mengganggu bahkan tidak disadari keberadaannya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang ciri-ciri tumor payudara.
1.      Benjolan di Sekitar Payudara
Ciri yang paling umum adalah timbulnya benjolan di sekitar payudara dan sekitar ketiak. Anda harus mewaspadai sejak awal apabila terdapat benjolan tersebut sebagai ciri atau gejala awal penyakit kanker atau tumor payudara ini. Meskipun tidak 100 persen menandakan kanker, namun Anda harus tetap waspada. Apalagi jika benjolan tersebut terasa sakit dan cukup mengganggu. Benjolan tersebut juga akan berlokasi tetap dan tidak akan berpindah-pindah. Biasanya juga hanya ada satu benjolan saja dan tidak akan muncul di payudara yang lain, dan terkadang akan keluar cairan dari benjolan tersebut.
2.                  Ukuran dan Bentuk Payudara Berubah
Bentuk dan ukuran payudara yang berubah adalah ciri tumor payudara yang kedua. Kondisi ini hanya akan terjadi pada salah satu payudara saja, dan ciri ini harus sangat diwaspadai. Segera periksakan ke dokter apabila Anda merasakan ukuran payudara Anda menyusut tanpa adanya sebab lain seperti penurunan berat badan misalnya. Bentuknya terkadang juga berubah, bentuk yang tadinya menonjol ke depan, bisa jadi lemas seperti terjatuh ke bawah. Namun terkadang perubahan ukuran ini juga bisa terjadi pada kedua payudara, sebelah kanan dan kiri.

Bagaimana Cara Memeriksa Payudara?

Memeriksa payudara sangat dianjurkan bagi para wanita agar menghindari terlambatnya penanganan tumor payudara. Bagaimana cara memeriksa apakah anda memiliki tumor payudara? Caranya adalah dengan SADARI. Apa itu SADARI? SADARI adalah sebutan untuk kegiatan memeriksa payudara sendiri.

Kapankah waktu terbaik untuk melakukan SADARI? Waktu terbaik untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari setelah periode menstruasi Anda berakhir. Pada masa menstruasi, kadar hormon berfluktuasi sehingga menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk payudara yang mengencang.

Berikut tim venussehat akan menjelaskan bagaiana cara untuk melakukan pemeriksaan payudara. Saat ini terdapat beberapa cara untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri, namun anda dapat memilih yang sesuai dengan kenyamanan Anda.

Di depan cermin
Pada cara ini Anda hanya memerlukan tangan, penglihatan, dan cermin. Berdirilah di suatu tempat yang terdapat cukup cahaya, letakkan kaca yang dapat memuat sebagian tubuh anda. Bukalah pakaian anda sehingga daerah payudara dan ketiak dapat terlihat.
§  Perhatikan payudara Anda. Apabila terdapat perbedaan ukuran, jangan panik. Sebagian wanita memiliki ukuran payudara yang memang berbeda (payudara kanan lebih besar atau lebih kecil daripada yang lain).
§  Berdirilah dengan lengan di samping tubuh. Perhatikan bentuk, ukuran, dan apakah ada perubahan seperti permukaan dan warna kulit, juga bentuk puting payudara.
§  Letakkan tangan pada pinggang dan tekan kuat-kuat untuk mengencangkan otot dada. Perhatikan payudara sambil berkaca dari sisi kiri ke kanan dan sebaliknya.
§  Membungkuklah di depan kaca sehingga payudara terjulur ke bawah. Perhatikan dan raba untuk memeriksa apakah ada perubahan tertentu pada payudara.
§  Tautkan kedua tangan di belakang kepala dan tekan ke dalam. Perhatikan kedua payudara Anda, termasuk di bagian bawah.
·         Periksa apakah terdapat cairan yang keluar dari puting Anda. Tempatkan jempol dan jari telunjuk Anda di sekitar puting, lalu tekan perlahan, dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar. Ulangi pada payudara yang lain.

Saat mandi
Saat mandi anda dapat menggunakan busa sabun untuk pemeriksaan payudara, busa sabun akan memudahkan pergerakan tangan untuk  memeriksa benjolan atau perubahan pada payudara. Berikut adalah cara memeriksa payudara saat mandi:
·         Angkat satu tangan ke belakang kepala. Raba payudara di sisi tangan yang terangkat, dengan mengguakan tangan lain yang dilumuri sabun.
·         Gunakan jari untuk menekan-nekan bagian demi bagian dengan lembut. Lakukan pada payudara di sisi lain.
·         Bila terdapat benjolan yang asing maka periksakan payudara anda ke dokter.

loading...

Berbaring
Anda dapat memeriksan payudara anda dengan posisi berbaring. Berikut tim venussehat akan menjelaskan bagaimana caa melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk memeriksa apakah terdapat tumor pada payudara anda dengan cara berbaring.
·         Tempatkan pengganjal dibawah pundak, dapat berupa gulungan handuk atau bantal keci.
·         Lalu letakkan tangan kanan di bawah kepala. Lumuri tangan kiri dengan losion atau baby oil sebagai pelicin agar gerakan jari mudah dilakukan dan gunakan jari untuk meraba payudara kanan.
·         bayangkan payudara anda adalah permukaan jam. Mulailah meraba dari titik jam 12 ke angka 1 dengan gerakan melingkar. Setelah satu lingkaran, geser jari dan mulailah kembali hingga seluruh permukaan payudara hingga ke puting selesai teraba.
·         Dalam pemeriksaan ini anda tidak perlu terburu-buru. Anda harus memastikan semua permukaan payudara telah teraba dengan seksama.


Bila terdapat benjolan yang asing, anda tidak perlu panik, periksakan payudara anda ke dokter. Karena perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui benjolan yang ada di payudara anda adalah kanker. Sebagian besar benjolan pada payudara juga merupakan tumor jinak dan bukan kanker.
0 Komentar untuk "Pevita Pearce Operasi Angkat Tumor Payudara, Begini Cara Memeriksa Tumor Payudara"

Back To Top